Penyakit Pada Musim Hujan

6 Jenis Penyakit di Musim Hujan

berbagai penyaki pada saat musim hujan, 7 penyakit di musim hujan, jenis penyakit yang menyerang pada saat hujan, bahaya kencing tikus,penyebab demam berdarah, demam berdarah, diare, flu dan penyebabnya, faktor penyebab penyakit leptospirosis,musim hujan dan penyakitnya, musim hujan dan masalah yang ditimbulkanPenyakit di Musim Hujan – Sekarang ini Indonesia sudah memasuki musim hujan. Waspadalah akan bahaya banjir dan tanah longsor yang setiap saat mengintai. Tetapi selain waspada akan bencana alam, kita juga harus waspada dengan berbagai penyakit yang menyerang di musim hujan.

Pada saat musim hujan jamur, bakteri dan virus berkembang jauh lebih cepat sehingga meningkatkan resiko terkena penyakit tertentu. Berikut ini ada 6 penyakit yang akan di bahas dalam artikel ini, yaitu :

  1. Flu

Semua orang pasti sudah mengenal penyakit ini. Setiap orang sangat rentan terkena flu pada saat musim hujan. Flu biasanya disertai dengan penyakit lain seperti demam dan sakit kepala.

  1. Penyakit Pada Saluran Pernafasan

Musim hujan memang identik dengan penyakit pada saluran pernafasan. Gejala awal yang ditimbulkan sangat mudah dikenali seperti bersin dan batuk.  Untuk penyakit yang lebih parah disertai dengan demam dan juga sesak nafas. Berikut berbagai penyakit yang menyerang organ pernafasan pada musim hujan : asma, hidung tersumbat, radang tenggorokan,dll.

  1. Diare

Selain organ pernafasan yang rentan, organ lainnya yang tidak kalah pentingnya juga harus di jaga kesehatanannya. Salah satunya adalah organ pencernaan. Diare adalah salah satu penyakit yang menyerang organ ini. Diare sangat tinggi kemungkinannya terjadi pada musim hujan. Hal ini di dukung oleh lingkungan yang basah sehingga bakteri penyebab diare tumbuh dengan subur. Bakteri penyebab diare selanjutnya mencemari makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Diare ditandai dengan seringnya buang air besar yang disertai dengan rasa mulas. Salah satu ciri lainnya yang mudah dikenali adalah feses atau kotoran menjadi encer.

  1. Demam Berdarah

Demam Berdarah tergolong penyakit yang berbahaya jika tidak segera ditaggulangi. Penyakit ini disebarluaskan melalui perantara nyamuk aedes aegypti. Nyamuk ini berkembang biak pada air yang tenang. Perkembangannya sangat pesat pada musim hujan karena banyak genangan air yang tercipta pada musim seperti ini.

Demam berdarah sudah banyak memakan korban jiwa akibat lambatnya penanganan kasus dan kurangnya biaya dari pasien. Gejala umumnya adalah timbul bintik-bintik merah pada kulit, demam tinggi, pendarahan dari hidung dan telinga, serta disertai dengan rasa nyeri pada tulang.

  1. Chikungunya

Chikungunya penyebarannya sama dengan demam berdarah melalui gigitan nyamuk jenis aedes. Gejala yang ditimbulka sedikit berbeda. Penderita chikungunya umumnya merasakan sakit pada setiap persendian mereka, disertai demam tinggi,tubuh menggigil,otot lemas sehingga sulit berjalan.

  1. Leptospirosis

Adalah penyakit yang lebih akrab dengan sebutan penyakit kencing tikus. Penyakit ini ditularkan dengan perantara tikus, paling banyak melalui kencingnya sehingga disebut dengan penyakit kencing tikus. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira ini biasa menyebar pada saat banjir datang. Ini karena air banjir itu bercampur dengan air kencing dari tikus yang mengandung bakteri penyebab leptospirosis. Bakteri ini biasa masuk ke dalam tubuh melalui hidung, lender mata, kulit yang terluka ataupun melalui makanan.

2 thoughts on “Penyakit Pada Musim Hujan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *