Penyakit Gondok

Penyakit Gondok

Penyakit Gondok

Penyakit gondok disebabkan oleh membesarnya kelenjar tiroid pada leher. Hubungan antara penyakit ini dengan kurangnya konsumsi yodium telah diketahui lebih dari 130 tahun yang lalu.

Gondok (Bahasa Latin struma) adalah pembengkakan di leher (di bawah jakun atau larynx) karena kelenjar thyroid yang membesar. Penyakit gondok  adalah pembengkakan atau benjolan besar pada leher bagian depan, ini terjadi karena adanya pertumbuhan kelenjar gondok yang tidak normal.

Biasanya penyebab timbulnya penyakit gondok karena makanan yang kurang zat yodium.

Apabila seorang ibu hamil mengalami kekurangan zat yodium  maka besar kemungkinan mengakibatkan anak yang dikandung bisa meninggal dan kalau lahir bisa mengakibatkan cacat mental. Meskipun ibu tidak mengalami penyakit gondok.

Hubungan antara penyakit gondok ini dengan kurangnya konsumsi yodium telah diketahui lebih dari 130 tahun yang lalu. Beberapa abad sebelumnya, penyakit gondok ditangani dengan mengkonsumsikan pasien benda yang kaya akan yodium seperti karang laut yang dibakar.

Yodium berinteraksi dengan protein yang disebut dengan thyroglobulin, dan cincin aromatik dari protein ter-iodinisasi. Dua dari molekul yang ter-iodinisasi tersebut berinteraksi, membentuk suatu unit thyroxine yang berikatan dengan protein. Unit aromatik ini kemudian lepas dan menghasilkan suatu hormon tiroid thyroxine yang sangat kuat.

Yodium yang kita dapatkan dari mengkonsumsi makanan dan minuman berada dalam bentuk ion yodium, dan besarnya bergantung dari kadar yodium dalam tanah. Tanah dengan kadar yodium rendah mengakibatkan banyak pasien menderita penyakit gondok dan dapat ditanggulangi dengan mengkomsumsi garam yang ber-iodinisasi NaI (100mg iyodium per gram garam).

Berikut makanan yang mengandung unsur yodium :

  • Ikan laut
  • Ganggang-ganggangan
  • Sayur-sayuran hijau

Gejala Penyakit Gondok

Benjolan di leher bagian depan, Bergerak saat menelan, Bisa satu sisi atau kedua sisi, Suara parau, sesak nafas, gangguan menelan, teraba keras, gerak terbatas, gelisah, sulit tidur, berat badan turun walau nafsu makan tetap, suhu badan panas, berkeringat, tangan/jari bergetar, berdebar-debar, sering buang air besar, badan lemah, kekuatan otot menurun, mata mungkin melotot.

mudah lelah, malas, tak bersemangat, menarik diri dari kehidupan sosial, mudah kedinginan, kulit kering, muka sembab,  dan sembelit.

Pengobatan PenyakitGondok

Solusi Terbaik dan Aman Pengobatan Penyakit Gondok Dengan Xamthone Plus

Apa itu xamthone plus ? Amazing Juice For Amazing Health!!!!

Xamthone plus merupakan sebuah  merek produk minuman kesehatan yang berasal dari buah manggis kulaitas nomor 1 . Xamthone plus di formulasikan dari nutrisi murni buah manggis , buah eksotik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Khasiatnya tidak  di ragukan lagi.

Mengapa xamthone plus jus manggis memiliki kemampuan mengobati penyakit gondok ?

Pertanyaan ini terjawab dengan penelitian terkini yang membuktikan bahwa manggis mengandung antioksidan yang sangat kuat yaitu xanthone, melebihi beberapa kali lipat dari kekuatan vitamin c dan E . Selain itu juga xanthone memiliki banyak manfaat kesehatan terutama kesehatan kardiovaskuler seperti mengatasi sakit jantung, aterosklerosis, hipertensi dan trombosit. Xanthone juga memperlebar pembuluh darah dan memeperlancar peredaran darah. manggis juga kaya akan mineral kalium yang membantu metabolisme energi. Khasiat XANTHONE bukan sekedar antioksidan, tetapi juga antikanker seperti hasil riset Moongkarndi. Peneliti Fakultas Farmasi Universitas Mahidol itu menguji XANTHONE dalam riset praklinis dengan SKBR3 alias kultur sel kanker serviks/ rahim manusia. Hasilnya? Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi yang kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak itu juga bersifat apoptosis atau mendukung penghancuran sel kanker.

Xamthone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *