Pengertian Jantung

Pengertian Jantung


Jantung merupakan organ dalam tubuh yang sangat penting karena jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jika jantung berhenti bedetak, maka manusia akan mati karena darah yang seharusnya terus mengalir guna menyalurkan sari makanan telah berhenti mengalir.

Setiap menit, jantung berdetak antara 70 hingga 80 kali permenit. Pada bayi, jantung berdetak lebih cepat yaitu sekitar 100 kali perdetik.Detak jantung bisa dirasakan hingga di luar tubuh tepatnya di daerah dada dan seluruh tempat pembuluh nadi berada. Detak jantung juga dapat dilihat melalui alat deteksi kerja jantung yang disebut EKG.

dengan mendeteksi impuls listrik yang mengatur kinerja jantung. Prinsip kerja EKG merupakan hasil dari penelitian Luigini Galvani dan Alesandro Volta pada awal abad ke 19. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa impuls listrik yang mengatur kerja seluruh organ dalam tubuh manusia dapat dideteksi dari luar tubuh tanpa m=harus melakukan pembedahan. Hasil penelitian tersebut juga menjadi dasar pembuatan alat medis lain yang fungsinya mendeteksi atau memonitor kerja organ dalam manusia.

Jantung bekerja,secara terus menerus baik saat kita beraktifitas maupun sewaktu kita tidur. Pada waktu kita tidur energi yang dikonsumsi jantung menjadi lebih sedikit karena tubuh kita tidak melakukan aktifitas yang berlebihan.

Walaupun saya ini bukan pakar ilmu sains, tapi izinkan saya menerangkan tentang jantung dan kegunaanya, Jantung Merupakan:

  • jantung merupakan kantong darah yang tersusun oleh otot yang kuat
  • jantung terletak didalam rongga dada sebelah kiri, tepatnya diantara paru-paru.
  • besar jantung sekepalan kita.
  • berat jantung 3OO-35O gram.
  • jantung terbungkus oleh selaput yang disebut “perikardium”.
  • perikardium berlapis dua. Diantara dua lapisan tersebut terdapat cairan getah bening, fungsinya untuk melindungi jantung terhadap goresan ketika jantung mengembang dan mengempis.
  • dinding jantung terdiri dari 3 lapisan.
  • lapisan luar= merupakan lapisan tipis dan transparan yang juga disebut selaput pembungkus jantung.
  • lapisan tengah= merupakan jaringan otot jantung dan merupakan jaringan terbesar dari jantung.
  • lapisan dalam= merupakan lapisan tipis yang melapisi jantung bagian dalam. Jantung memiliki 4 ruang, yaitu:

-          (serambi kanan) menerima darah kotor dari seluruh tubuh

-          (serambi kiri) menerima darah bersih dari paru-paru

-          (bilik kiri)memompa darah bersih dari paru-paru ke seluruh tubuh

-          (bilik kanan)memompa darah kotor dari seluruh tubuh menuju paru-paru.

Fungsi Dan Cara Kerja Jantung Manusia

Secara umum fungsi jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan organ paru-paru. Hal ini berarti bahwa fungsi jantung manusia adalah sebagai alat atau organ pemompa darah pada manusia. Pada saat itu jantung menyediakan oksigen darah yang cukup dan dialirkan ke seluruh tubuh, serta membersihkan tubuh darih hasil metabolisme (karbondioksida). Sehingga untuk melaksanakan fungsi tersebut jantung mengumpulkan darah yang kekurangan oksigen dari seluruh tubuh dan selanjutnya memompanya ke paru-paru, dengan cara darah pada jantung mengambil oksigen dan membuang karbondioksida. Pada jantung darah yang kaya akan oksigen yang berasal dari paru-paru dipompa ke jaringan seluruh tubuh Manusia.

Bertambahnya usia seseorang, akan sangat berpengaruh terhadap fungsionalitas jantung itu sendiri. Hal ini berarti karena jantung bekerja secara terus menerus selama manusia hidup, akan berpengaruh terhadap kemampuan fungsi jantung secara berangsur akan mengalami penurunan. Dan hal ini akan semakin drastis penurunan fungsi jantung apabila terdapat keadaan lain yang mempengaruhi fungsi jantung itu sendiri. Misalnya terjadi infeksi otot jantung atau selaput otot miokarditis atau perikarditis, berkurangnya oksigen karena penyempitan pembuluh darah yang menyuplainya sering disebut sebagai penyakit jantung koroner, bertambahnya massa otot karena meningkatnya tekanan, dan sebagainya

 

Tags:
selaput pembungkus jantung (600), pengertian jantung (587), selaput pembungkus jantung disebut (381), pembungkus jantung (174), pengertian jantung menurut para ahli (154), pengertian denyut jantung (148), pengertian nadi (123), pengertian jantung manusia (86), lapisan pembungkus jantung (79), selaput pembungkus jantung adalah (66), fungsi nadi (56), fungsi getah bening (42), fungsi cairan getah bening pada selaput pembungkus jantung (34), selaput luar pembungkus jantung (33), selaput tipis pembungkus jantung (33), Nama selaput pembungkus jantung (32), selaput luar pembungkus jantung adalah (28), pembungkus jantung disebut (25), fungsi jantung pada manusia (23), dari jantung darah yang kaya oksigen dipompa ke seluruh tubuh melalui (22)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>