OBAT ALAMI PENYAKIT WASIR,JENIS-JENIS DAN PENYEBAB WASIR

OBAT ALAMI PENYAKIT WASIR,JENIS-JENIS DAN PENYEBAB WASIR

 

Pengertian Wasirwasir,ambeien,gambar wasir,gambar ambeien,gambar rektum,rektum,gambar bibir dubur,bibir dubur

Wasir merupakan penyakit yang sering dikaitkan dengan orang yang suka duduk berjam-jam. Wasir atau juga sering disebut ambeien ini merupakan penyakit yang terjadi pada anus tepatnya pada bibir anus atau bahasa kedokterannya disebut dengan Sphinchter Ani. Penyakit ini ditandai dengan membengkaknya bibir anus yang kadang diserta dengan pendarahan. Sebenarnya wasir atau ambeien ini bukanlah penyakit tetapi perubahan pada bantalan pembuluh darah di daerah anus. Pada bagian anus terdapat 3 pembuluh darah. Jika pada salah satu pembuluh darah ini terganggu atau aliran darah tidak lancar, maka itu akan menyebabkan pelebaran dan pembengkakan di daerah bibir anus. Hal itulah yang kemudian disebut wasir atau ambeien.

Penderita wasir biasanya sulit duduk dan buang air besar karena bibir anus akan terasa sakit jika mendapat tekanan pada saat kita duduk atau buang air besar.

Jenis-jenis wasir atau ambeien

Wasir atau ambeien dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan letaknya, yaitu wasir dalam dan wasir luar.

  1. Wasir dalam

Wasir dalam (internal)  merupakan wasir yang pembengkakannya terjadi di daerah rektum(tempat penyimpanan sementara feses). Pada wasir dalam pembuluh darah ditutupi oleh selaput lendir yang basah di dalam anus. Wasir dalam pada awalnya tidak bisa dilihat dari luar, tetapi jika sudah besar(sebesar bola tenis) bisa dilihat dari luar. Wasir dalam biasanya ditandai dengan keluarnya darah pada saat buang air besar. Ini dikarenakan tonjolan wasir yang menempel di dinding dalam anus mengalami gesekan dengan feses yang sulit keluar. Wasir dalam sendiri dapat dikelompokkan menjadi :

  1. Stadium 1

Tonjolan masih kecil dan belum keluar. Biasanya ada darah menetes setelah buang air besar.

  1. Stadium 2

Tonjolan sudah keluar tetapi masih berukuran kecil. Tonjolan biasanya keluar setelah buang air besar, tetapi masih bisa masuk pada saat si penderita dalam posisi berdiri.

  1. stadium 3

tonjolan wasir sudah semakin besar. Setelah buang air besar tonjolan sudah tidak bisa masuk dengan sendirinya, jadi harus di dorong  menggunakan tangan.

  1. Stadium 4

Pada stadium 4 ini besarnya tonjolan sudah sebesar bola tenis . jika sudah sebesar ini tonjolan sudah tidak bisa di dorong masuk lagi, jadi harus segera dioperasi.

  1. Wasir Luar

Wasir luar lebih gampang dapat dideteksi sejak dini karena posisinya yang berada di luar anus. Pada wasir luar kulitlah yang menutupi pembuluh darah. Wasir luar memiliki gejala yang berbeda dengan wasir dalam. Pada wasir luar, wasir tidak bergesekan dengan feses. Tetapi biasanya penderita wasir luar mengeluhkan rasa sakit atau nyeri dikarenakan pembuluh darah yang pecah. Pecahnya pembuluh darah itu bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah pada saat kita duduk. Walaupun wasir sudah pecah, belum tentu langsung hilang. Wasir tersebut bisa tetap menonjol dan menjadi bekuan darah.

Jika anda mempunyai keluhan seperti ciri-ciri wasir  diatas, ada baiknya langkah pertama yang anda ambil adalah memeriksakan diri ke dokter, hal ini bertujuan untuk memeriksa apakah anda terkena wasir atau tidak. Selain itu juga bertujuan untuk mengecek penyakit lain yang bisa saja menyerang seperti tumor dll.

Penyebab seseorang bisa terkena wasir

Wasir bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu:

  1. Faktor usia
  2. Kehamilan
  3. Kram saat mengejan
  4. Duduk terlalu lama
  5. Sering mengangkat beban yang berat
  6. Sembelit kronis
  7. Usus besar yang terganggu karena penggunaan obat pencahar yang berlebihan.
  8. Diare kronis
  9. Sering makan makanan yang mengandung banyak cabai dan rempah rempah yang bersifat panas di mulut dan kerongkongan.
  10. Kesalahan dalam melakukan gerakan pada saat olahraga. Seperti olahraga angkat beban.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *