Obat Beri-beri

beriberiPengertian  Penyakit Beri-Beri

OBAT ALAMI BERI-BERI-Penyakit Beri-beri adalah penyakit yang mengenai saraf yang terjadi akibat kekurangan makanan pada bagian yang disebut dengan ancurian atau thamin( kekurangan vitamin B1). akibat yang timbul adalah bengkak-bengkak dan pembesaran pada betis. Penyakit ini awalnya ditemukan pada zaman peperangan berkepanjangan yang menyebabkan sumber makanan alami dan bermanfaat sulit ditemukan sehingga munculah penyakit beri-beri ini.

Penyebab

Seperti yang sudah dikatakan tadi penyakit ini terjadi karena kurangnya vitamin B1 dalam tubuh. Vitamin B1 bisa di dapat dari makanan, seperti beras merah, susu, kuning telur, hati, otak, jantung, gandum,kacang hijau, wortel dan juga ragi. Fungsi dari vitamin B1 adalah untuk menjaga keseimbangan air di dalam tubuh, membantu penyerapan lemak di usus, dan mebantu metabolismekarbohidrat

Jenis – Jenis Penyakit Beri-Beri

  1. Beri-beri kering

Beri-beri jens ini memiliki gejala kaki terasa tebal dan kesemutan di anggota badan. Otot lelah serta kekuatannya berkurang. Anggota badan layuh dan pederita berjalan seperti ayam. Sedikit beraktivitas bisa membuat sesak nafas dan jantung berdebar-debar.

  1. Beri-Beri Basah

Beri beri basah memiliki ciri yaitu adanya pembengkakan dari kaki, tungka bawah, lalu muka, dan bagian tubuh lainnya. Jika betis yang bengkak ditekan, maka akan terbentuk cekungan yang tidak segera hilang dan rasanya sakit.

  1. Beri-beri Jantung

Beri-beri jantung ditandai dengan rasa tekanan di ulu hati,sesak nafas dan berdebar-debar dalam menjalankan kegiatannya. Lama-kelamaan gejala ini muncul walaupun tanpa melakukan aktivitas, kejadiannya bisa mendadak,langsung berat dan penderita bisa meninggal dalam waktu singkat.

Ciri-ciri penyakit Beri-beri :

  1. Nafsu makan sangat berkurang
  2. Tungkai cepat capek bila berdiri atau berjalan agak lama
  3. Tangan dan kaki terasa kesemutan dan lemas
  4. Urat-urat pada betis terasa sakit dan sulit jika mau berjalan
  5. Tumit terasa pegal-pegal
  6. Kaki terlihat bengkak dan kalau ditekan dengan ujung jempol tejadi lekukan yang sulit kembali normal

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *