OBAT ALAMI DENGAN TANAMAN PULE

OBAT ALAMI DENGAN TANAMAN PULE

 

pule

Pule adalah pohon besar yang sering dianggap keramat. Sekarang ini pohon pule sudah semakin jarang ditemui karena populasinya semakin sedikit. Tanaman ini memiliki nama latin Alstonia scholaris.

Pohon pule bisa tumbuh sampai ketinggian 15m lebih. Pule dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 500-1000 m diatas permukaan laut. Tumbuh subur di wilayah daerah hutan pantai barat india, banyak juga terdapat di Sri Lanka, Australia, kepulauan Solomon dan tentunya ada di Indonesia. Tanaman ini sekarang sudah dibudidayakan menjadi tanaman hias.

Ciri-ciri tanamam pule :

Daun :

Pule memiliki daun yang berbentuk lonjong sampai ada yang agak bulat telur. Daunnya tipis tapi kuat. Daun pule juga terpusar terdiri dari 4-9 helai daun. Permukaan bawah daun ini berwarna agak buram. Panjangnya berkisar antara 10-23 cm, lebarnya 3-8 cm dengan panjang tangka berkisar antara 7,5- 15 cm.

 Bunga :

Bunga pada tanaman pule berupa malai rata, yaitu bunganya keluar di ujung cabang atau pada ketiak daun. Panjang bunganya bisa mencapai 13 cm. gagang bunga pule ini cukup pendek kurang lebih 2,5 cm dan berambut. Bunga pule memiliki bau yang wangi denga warna hijau terang sampai putih kekuningan.Dipermukaan bunganya terdapat bulu halus. Panjang tabung bunga pule ini berkisar antara 7-9 mm, agak mengecil pada bagian lehernya. Mahkota bunganya agak menyerong dan bundar. Seperti pada bunga pada umumnya. Bunga pule ini memiliki alat kelamin betina yaitu putik, putiknya memiliki panjang 3-5 cm.

Buah :

Buah pule berbentuk bumbung. Memiliki panjang 20-50 cm.

Biji pule memiliki rambut pada bagian tepinya, sedangkan pada bagian ujungnya berjambul. Panjang bijinya antara 1,5-2 cm.

Kandungan yang terdapat pada tanaman pule :

Pule sangat baik digunakan sebagai obat alternative karena memiliki banyak kandungan yang berkhasiat bagi tubuh manusia. Kandungan tersebut yaitu : Alkaloida, Ekitamina, Alsinina, Ekitenina,Ekitina,Ekiretina,Ditamina,Ekiteina, dan Ekitamidina

Khasiat Tanama pule :

Tanaman pule ini bisa digunakan sebagai obat alernatif penyakit kita, penyakit-penyakit yang bisa dibantu penyembuhannya yaitu :

  1. Demam
  2. Penurun tekanan darah
  3. Mengobati rasa nyeri pad dada
  4. Pengurang rasa sakit
  5. Penurun gula darah pada penderita Diabetes Melitus

Sekarang ini anda tidak perlu repot-repot untuk mencari tanaman pule dan mengolahnya menjadi obat, karena sudah ada Minyak Kutus-Kutus yang terbuat dari 49 jenis tanaman obat termasuk salah satunya adalah pule. Minyak kutus-kutus selain berfungsi untuk membantu penyembuhan penyakit anda, juga berfungsi sebagai aroma terapi.

2 thoughts on “OBAT ALAMI DENGAN TANAMAN PULE”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *