Manggis

Manggis

Buah Manggis

Tanaman Manggis yang mempunyai nama ilmiah Garcia Mangostana, tumbuh di daerah Nusantara dan hutan tropis lainnya yang ada di belahan bumi ini, memang belum familiar dikenal orang. Apalagi buahnya yang juga dinamakan buah manggis belum banyak dijadikan konsumsi sehari-hari masyarakat.

Buah ini kalah populer dengan pisang, mangga, jeruk, apel, anggur dan lain sebagainya. Padahal banyak sekali manfaat buah manggis yang bisa kita rasakan.

Buah ini berwarna ungu, dengan hiasan mahkota di atas buah membuat buah manggis terlihat anggun. Oleh karena itu, di dunia buah-buahan, Buah Manggis didapuk menjadi “Ratu Buah” menemani posisi Durian yang menjadi “Raja segala buah”. Ditambah dengan banyaknya manfaat buah manggis membuat buah ini semakin mempesona dan wajib kita konsumsi sehari-hari.

Manfaat Buah Manggis

Apa Saja Manfaat Buah Manggis?

Anda pasti penasaran dengan manfaat besar buah ini. Untuk memudahkan Anda mengenali manfaat buah manggis, saya akan memberitahu beberapa manfaat buah manggis yang bisa kita nikmati :

  1. Buah manggis mempunyai banyak sekali antioksidan. Seperti yang sudah kita ketahui, Antioksidan sangat bermanfaat sekali untuk menghancurkan dan melawan radikal bebas yang merayap di dalam tubuh kita.
  2. Manfaat buah manggis yang mengeluarkan antioksidan itu tidak hanya bisa didapatkan dengan memakan buahnya. Kulit buah manggis pun mengandung banyak antioksidan.
  3. Dari hasil isolasi kulit buah manggis maka terciptalah zat xanthone. Pertumbuhan sel tumor dan kanker dapat dihambat dengan meminum buah manggis yang memiliki 40 jenis xanthone.
  4. Manfaat buah manggis yang lainnya masih didapat dari dua jenis zat xanthone yang bernama alpha mangostin dan gamma mangostin. Berbagai macam jenis penyakit niscaya dapat dicegah oleh kedua jenis zat xanthone tersebut.
  5. Penyakit-penyakit otak yang berbahaya seperti Alzheimer dan arthritis yang disebabkan oleh suatu peradangan dapat dicegah dengan meminum buah manggis.
  6. Selain manfaat buah manggis di atas, fungsi alpha mangostin juga bisa menggantikan antibiotic seperti ampichilin. Hal itu disebabkan karena alpha mangostin mengandung antibakteri yang sangat banyak.

Secara tradisional manfaat buah manggis juga bisa digunakan untuk tetap menjaga kesehatan serta kecantikan. Penyakit-penyakit ringan seperti wasir, luka dan sariawan niscaya dapat disembuhkan dengan rajin mengkonsumsi buah manggis.

Selain dapat menyembuhkan berbagai penyakit, buah manggis juga bermanfaat untuk mencegah munculnya berbagai macam jenis jamur di dalam tubuh kita. Manfaat Buah manggis bisa Anda dapatkan dengan memakan buah manggis secara langsung atau supaya lebih segar bisa dibuat menjadi jus.

Bila Anda termasuk orang yang malas memakan buah atau minum jus, memakan ekstrak buah manggis juga bisa Anda lakukan. Apalagi kini sudah banyak produsen yang memproduksi ekstrak buah manggis dalam bentuk kapsul sehingga lebih mudah untuk Anda konsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *