Khasiat TemuLawak

 

TEMULAWAK

 

temulawak,khasiat temulawak,kandungan temulawak,manfaat temulawak,temulawak adalah,fungsi temulawak,obat untuk penambah nafsu makan alami

Temu lawak adalah tanaman obat asli Indonesia yang sering dipakai untuk bahan dasar jamu atau minuman kesehatan lainnya. Tanaman yang memiliki nama latin Curcumaxanthorrhizaa ini merupakan tanaman obat yang berasal dari suku temu-temuan Zingiberaceae.

Kandungan Temulawak

TemuLawak terdiri darai fraksi pati, kurkuminoid dan juga asiri (3-12 %). Pati merupakan kandungan terbesar yang terkandung di dalam temulawak. Jumlahnya sekitar 48-54 % . kandungan pati dalam temulawak dipengaruhi oleh ketinggian habitatnya. Semakin tinggi habitat tumbuhnya maka kandungan patinya semakin rendah dan kadar minyaknya semakin tinggi.

  1. Pati

Pati temulawak terdiri dari abu, protein, lemak, karbohidrat, serat kasar, kalium, kurkuminoid, natrium, magnesium,kalsium, mangan, besi dan kadnium.

  1. Fraksi Kurkuminoid

Fraksi kurkuminoid mempunyai aroma yang khas, tidak toksik. Terdiri dari kurkuminoid yang mempunyai aktivitas anti radang dan desmetoksikurkumin.

  1. Minyak atsiri

Minyak atsiri adalah cairan berwarna kuning –kuning jingga, yang memiliki bau aromatik tajam. Komposisi minyak atsiri dalam rimpang temulawak ini dipengaruhi oleh umur rimpang,tempat tumbuhnya, teknik analis, teknik isolasi, klon varietasnya,dan lain-lain.

Khasiat TemuLawak

Temulawak memiliki banyak khasiat untuk membantu penyembuhan penyakit kita. Beberapa khasiat dari temulawak yaitu :

  1. Sebagai detoksifikasi alami untuk liver atau hati.
  2. Bisa digunakan sebagai antiseptik, antibakteri alami, terutama untuk membantu pengobatan sakit karena luka bakar.
  3. Cocok digunakan untuk obat peradangan persendian( rematik).
  4. Untuk meningkatkan kualitas dan juga jumlah ASI, bagi ibu-ibu yang menyusui.
  5. Sebagai penahan rasa sakit alami. Cocok untuk wanita yang mengalami sakit pada saat haid.
  6. Membantu mengontrol metabolism lemak di dalam tibih dan juga mengontrol kadar kolesterol.
  7. Mempeerbaiki system pencernaan.
  8. Meningkatkan vitalitas tubuh.
  9. Dapat dijadikan obat untuk mencegah serangan jantung, karena temulawak membantu mengencerkan darah, sehingga aliran darah menjadi lancer.

    Khasiat temulawak lainnya adalah sebagai pengencer darah dapat membantu mencegah serangan jantung atau stroke. Temulawak juga mengandung xanthorrhizol yang berfungsi sebagai anti kariogenik yaitu mencegah berkembanganya bakteri pada gigi. Selain itu juga dipercaya untuk mengatasi penyakit maag, masuk angin, dan juga sembelit. Kandungan minyak atsiri di dalam temulawak ini juga berfungsi untuk meningkatkan produksi cairan empedu dan menekan pengbengkakan dalam jaringan tubuh.

Khasiat yang paling terkenal dari temulawak adalah untuk penambah nafsu makan anak maupun orang dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *