KHASIAT GAHARU UNTUK KESEHATAN | Manfaat Minyak Gaharu

gambar gaharu copyGAHARU

Gaharu adalah substansi aromatic yang berupa gumpalan berwarna coklat muda sampai hitam yang terdapat diantara sel-sel kayu. Tanaman yang bisa menghasilkan gaharu ini disebut dengan pohon gaharu. Pohon gaharu ini bisa dijumpai di berbagai wilayah di Asia seperti di daerah India, Laos, Brunei, Vietnam,Malaysia,dan pastinya di di Indonesia.  Di Indonesia sendiri pohon penghasil gaharu ini bisa ditemui di berbagai daerah, diantaranya : di pulau Maluku, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Irian, dan juga bisa ditemui di daerah Jawa Barat.

Di Indonesia terdapat banyak jenis pohon gaharu, tetapi yang memiliki nilai ekonomis tertinggi adalah pohon yang termasuk dalam marga Aquilaria. Dan yang paling banyak diburu orang adalah pohon jenis Aquilaria malaccensis karena memiliki mutu yang sangat baik.

KHASIAT GAHARU UNTUK KESEHATAN

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang industri, maka diadakanlah penelitian mengenai manfaat gaharu bagi kesehatan. Dari penelitian itu diketahui bahwa gaharu memiliki banyak sekali khasiat. Menurut Raintree(1996), gaharu sangat baik untuk obat asmatik,obat anti mikroba, sebagai stimulant kerja syaraf dan untuk kesehatan pencernaan.

Dalam kitab Cina Kuno disebutkan berkhasiat sebagai obat sakit perut, kanker, penghilang rasa sakit, diare, tersedak, tumor paru-paru, tumor, dan lain-lain. di eropa gaharu banyak digunakan sebagai obat kanker. Kalau di India gaharu banyak digunakan sebagai obat tumor usus. Di beberapa Negara seperti Korea, Jepang dan Amerika Serikat sudah mengembangkan penelitian mengenai gaharu ini. Beberapa fungsi dari gaharu yang berhasil diteliti yaitu : gaharu sebagai obat penghilang stress, sakit perut, asma, hepatitis, gangguan ginjal, sirosis, serta pembengkakan liver. Bukti ini diperkuat dengan pernyataan dari ASGARIN( Asosiasi Eksportir Gaharu Indonesia) tentang manfaat gaharu sebagai obat kanker dan tumor.

Ternyata jauh sebelum majunya dunia teknologi, gaharu sudah dikenal sebagai bahan obat di daerah papua. Penduduk papua menggunakan bagian dari pohon gaharu seperti daun, kulit dan akar sebagai obat penyakit malaria. Ternyata selain gaharu, air sulingang( limbah dari proses destilasi gaharu untuk mernghasilkan minyak atsiri) bisa digunakan sebagai penghalus kulit dan perawatan kulit.

Sekarang ini masih sedikit orang yang memanfaatkan gaharu untuk kesehatan, gaharu cenderung di gunakan sebagai :

  1. Sarana Upacara dalam Agama-agama besar di di dunia seperti Hindu, Budha, Konghucu dll)
  2. Di olah menjadi Parfum yang harganya sangat mahal, keunggulan parfum dari gaharu adalah baunya yang  khas dan tahan sangat lama.
  3. Digunakan sebagai minyak aroma terapi untuk kesegeran tubuh.
  4. Di koleksi pribadi sebagai barang yang sangat bermutu dan bernilai tinggi.

 

MINYAK KUTUS KUTUS DENGAN KANDUNGAN MINYAK GAHARU

 

MINYAK OBAT KUTUS KUTUS
MINYAK KUTUS KUTUS

Minyak kutus kutus merupakan minyak herbal yang terbuat dari 49 jenis tanaman obat. salah satu bahan utamanya adalah minyak gaharu. Ini adalah salah satu produk yang menggunakan gaharu untuk tujuan kesehatan. Minyak kutu kutus adalah minyak obat untuk pengobatan luar, sangat efektif untuk membantu penyembuhan penyakit anda.

Baunya sangat khas rempah-rempah,  ketika baru di balurkan anda akan mencium bau herbal yang sangat memanjakan hidung anda. 5 menit setelah itu anda akan dimanjakan dengan bau gaharu yang sangat menawan.

Jadi berbeda dengan minyak obat pada umumnya yang memiliki aroma menyengat dan panas. Minyak kutus kutus baunya tidak menyengat dan tidak panas dikulit.

Cara Pemakaian Minyak kutus kutus :

  1. Balurkan di telapak kaki sampai ke sela jari kaki
  2. Balurkan di sepanjang tulang punggu, dari tulang ekor sampai tulang leher.
  3. Balurkan di daerah yang sakit.

Silahkan coba dan buktikan sendiri MINYAK KUTUS KUTUS BERKHASIAT DAN MENGANDUNG MINYAK GAHARU

 

 

10 thoughts on “KHASIAT GAHARU UNTUK KESEHATAN | Manfaat Minyak Gaharu”

  1. Thank you for any other informative website. Where else could
    I am getting that type of information written in such an ideal manner?
    I have a undertaking that I’m simply now working on, and I’ve been on the glance out
    for such information.

  2. We stumbled over here coming from a different web page and thought I might check things
    out. I like what I see so now i am following you. Look forward to looking into your web page yet again.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *