Jenis-Jenis Asma

Kenali Jenis Asma-mu

 

ciri-ciri asma,jenis-jenis asma,penyebab asma,pemicu asma,gambar asma,gambar wanita asma,gambar jenis-jenis asmaAsma adalah penyakit yang menyerang organ pernafasan kita. Asma memiliki beberapa jenis, dan setiap jenisnya memiliki ciri-ciri tertentu. Jenis jenis asma yaitu:

A. Asma Berdasarkan Penyebab :

  1. Asma Alergi

Sesuai dengan namanya asma alergi adalah asma yang disebabkan oleh karena seseorang menderita alergi kepada sesuatu. Jenis ini adalah asma yang paling umum ditemukan di masyarakat. Bagi anda yang menderita asma jenis ini harus berhati-hati karena alergen(penyebab alergi) berada dimana-mana. Beberapa alergen yang umum ditemui diantaranya : tungau,serbuk sari, debu,parfum dll. Berolahraga, terkena udara dingin atau mengirup asap juga bisa memperparah asma anda. Solusinya adalah anda anda harus menjaga kebersihan lingkungan anda, agar tidak merusak kesehatan anda.segeralah menjauh jika sudah berada/dekat dengan tempat tempat seperti diatas tadi.

  1. Asma Non Alergi

Asma non-alergi adalah asma yang banyak muncul ketika memasuki usia senja. Sering diakibatkan karena adanya infeksi pada saluran pernafasan bawah dan atas. Asma ini ditandai dengan penyumbatan saluran udara akibat peradangan . asma non-alergi bisa dikontrol dengan pengobatan yang tepat. Gejalanya meliputi : mengi,batuk,sesak nafas, dada terasa sesak, dan juga nafas menjadi sesak. Asma jenis in ibis dipicu oleh beberapa faktor, yaitu sebagai berikut : rasa cemas, stress, udara dingin, olahraga berlebihan, udara kering, infeksi virus, iritasi dan lain-lain.

  1. Asma Nocturnal

Asma Nocturnal adala jenis asma yang biasanya kambuh pada malam hari (sesuai namanya). Sesak di dada merupakan salah satu gejala awal dari asma nocturnal ini yan selanjutnya diikuti dengan batuk kering. Asma nocturnal ini bisa menggangu istirahat malam seseorang yang berakibat pada kondisi tubuh yang tidak baik karena kurang istirahat.

  1. Asma Akibat Pekerjaan

Berbagai jenis pekerjaan dapat menyebabkan seseorang menderita asma. Seorang pekerja yang banyak terpapar debu pada saat bekerja mempunyai peluang besar terkena penyakit ini. Misalnya seorang pekerja pabrik. Ada juga pekerjaan yang banyak berhubungan dengan cat dan asap juga bisa terkena penyakit ini misalnya pelukis. Gejala asma yang ditimbulkan oleh asma yang satu ini sama dengan asma pada umumnya.

  1. Asma Batuk

Asma yang satu ini termasuk asma yang sulit dideteksi karena berbaur dengan batuk. Untuk memeriksa apakah seseorang menderita asma ini perlu dilakukan pengecekan ke dokter.

  1. Asma Campuran

Asma campuran adalah jenis asma yang disebabkan oleh faktor dari luar dan dari dalam tubuh kita. Penangan asma yang satu ini lebih sulit dibandingkan dengan jenis asma yang lainnya, karena penderita harus mewaspadai dua faktor yaitu faktor intrinsic dan ekstrinsik.

  1. Asma Musiman

Asma musimam adalah asma yang terjadi pada musim-musim tertentu pada saat elergen tertentu muncul seperti serbuk sari yang berasal dari pohon musiman. Contohnya seseorang yang menderita asma musiman yang alergi terhadap serbuk sari bunga cengkih. Maka pada saat musim cengkih berbunga asma nya akan kambuh karena banyak serbuk sari cengkih yang berterbangan di udara.

B. Asma Berdasarkan Umur penderita:

  1. Asma Anak

Bagi orang tua yang tidak memiliki riwayat kesehatan penyakit asma, harus tetap berhati-hati karena anak anda juga bisa saja terkena asma. Hal ini bisa terjadi karena anak anda terpapar allergen tertentu seperti jamur,tungau,protein hewani,debu,dan lain-lain.

  1. Asma Dewasa

Asma ini akan berkembang setelah dewasa. Kondisi ini bisa dipicu oleh alergi,non alergi dan juga pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *