Ganggguan Akibat Kekurangan Yodium

Ganggguan Akibat Kekurangan Yodium

Garam

Pengertian Penyakit Gondok

Masalah kekurangan konsumsi pangan bukanlah hal baru, namun masalah ini tetap aktual  terutama di negara-negara berkembang  seperti halnya Indonesia.Kehidupan manusia tak dapat dipisahkan dari masalah kekurangan konsumsi pangan , sehingga kita sering menemukan ketidak mampuan masyarakat dalam hal pengelolaan makanan yang baik sesuai dengan standar gizi kesehatan.

Masalah Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) khususnya Gondok telah lama dikenal di Indonesia.Hal ini terlihat dari adanya patung-patung tokoh pewayangan yang ditampilkan dengan leher yang membesar karena Gondok.Tidak hanya dalam pewayangan dalam kehidupan nyatapun di beberapa daerah dengan mudah dapat di jumpai penderita Gondok.

GAKY merupakan salah satu permasahan gizi yang sangat serius, karena dapat menyebabkan berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan antara lain ; Gondok, Kretenisme, Reterdasi Mental dll.

Dari pemaparan diatas dapat diketahui bahwa pengaruh/dampak GAKY begitu luas, sejak masih dalam kandungan, setelah lahir sampai dewasa. Yang sangat menghawatirkan  akibatnya pada susunan syaraf pusat, karena akan bepengaruh pada kecerdasan dan perkembangan sosial masyarakat dikemudian hari

Ganggguan Akibat Kekurangan Yodium

  • Kelenjar gondok (letaknya dileher bawah) membesar.
  • Pada ibu hamil mengakibatkan keguguran, bayi lahir meninggal.
  • Keturunan yang kerdil/cebol (kretin).
  • Keturunan yang retardasi mental ( kemunduran mental)
  • Gangguan pendengaran sampai lebih parah bisu dan tuli.
  • Gangguan neuromotor, misalnnya cara berjalan yang bersifat aneh, gangguan bicara dsb.
  • Menurunnya kecerdasan pada anak anak.

Gejala Penyakit Gondok

  • Benjolan di leher bagian depan
  • Bergerak saat menelan
  • Bisa satu sisi atau kedua sisi
  • Suara parau, sesak nafas, gangguan menelan, teraba keras, gerak terbata

Penyebab Penyakit Gondok

Penyakit gondok disebabkan oleh membesarnya kelenjar tiroid pada daerah leher. Penyebab penyakit gondok ini bisa di akibatkan makanan yang terlalu gurin karena kebanyakan penyedap atau metchin.

Seperti dikutip surgaku dari chem-is-try bahwa hubungan antara penyakit gondok dengan kurangnya konsumsi yodium telah diketahui lebih dari 130 tahun yang lalu. Beberapa abab sebelumnya, penyakit gondok ditangani dengan mengkonsumsikan pasien benda yang kaya akan yodium seperti karang laut yang dibakar. Yodium berinteraksi dengan protein yang disebut dengan thyroglobulin, dan cincin aromatik dari protein ter-iodinisasi. Dua dari molekul yang ter-iodinisasi tersebut berinteraksi, membentuk suatu unit thyroxine yang berikatan dengan protein. Unit aromatik ini kemudian lepas dan menghasilkan suatu hormon tiroid thyroxine yang sangat kuat.

Pencegahan Penyakit Gondok

Penyakit Gondok (Tyroid) dapat dicegah dengan menggunakan garam beryodium. Dengan mengkonsumsi Yodium yang cukup maka penyakit gondok dapat dicegah dan benjolan gondoknya dapat disembuhkan. Untuk pengobatan penyakit gondok juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kepiting atau makanan laut yang dicampur dengan sedikit ganggang serta garam beryodium, bisa membantu mengobati si penderita dari penyakit gondok walaupun hasilnya tidak sebagus dengan garam beryodium. Untuk mencegah kurangnya hormon tyroid maka usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung unsur yodium diantaranya adalah: Ikan laut, Ganggang-ganggangan, sayur-sayuran hijau dan garam yang mengandung Yodium, Agar Penyakit Gondok dapat dicegah.

Pengobatan Penyakit Gondok

Solusi Terbaik dan Aman Pengobatan Penyakit Gondok Dengan Xamthone  Plus

Apa itu xamthone plus ? Amazing Juice For Amazing Health!!!!

Xamthone plus merupakan sebuah  merek produk minuman kesehatan yang berasal dari buah manggis kulaitas nomor 1 . Xamthone plus di formulasikan dari nutrisi murni buah manggis , buah eksotik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Khasiatnya tidak  di ragukan lagi.

Mengapa xamthone plus jus manggis memiliki kemampuan mengobati penyakit gondok ?

Pertanyaan ini terjawab dengan penelitian terkini yang membuktikan bahwa manggis mengandung antioksidan yang sangat kuat yaitu xanthone, melebihi beberapa kali lipat dari kekuatan vitamin c dan E .

Khasiat Xanthone bukan hanya antioksidan, tetapi juga antikanker. Ekstrak kulit manggis bersifat antipoliferasi yang untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak itu juga bersifat apoptosis penghancur sel kanker. Xanthone mampu merawat beberapa jenis penyakit kanker seperti kanker hati, pencernaan, penyakit paru-paru, dll. Xanthone dalam kulit manggis juga ampuh mengatasi penyakit TBC, ashma, leukemia, antiinflamasi dan antidiare.Faedah lain manggis sebagai antijamur dan antibakteri penyebab jerawat.Tak cuma daging buah manggis yang kaya akan akan vitamin V-66 mg, tetapi juga kulit nan multi khasiat. Antikanker, antioksidan, mujarab mengatasi jantung koroner dan mengatasi HIV.

Xamthone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *