Denyut Jantung

Denyut Jantung

Defenisi Denyut Jantung

Denyut jantung merupakan kontraksi ruang bagian bawah jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh. Berdasarkan hasil kajian ilmiah bidang kedokteran, denyut jantung terjadi karena adanya impuls listrik teratur yang dibangkitkan dari salah satu jaringan pada dinding ruangan atrium kanan jantung. Jaringan ini dinamakan simpul SA (SA node).

Pada keadaan normal dan istirahat, Denyut jantung orang dewasa akan berdenyut secara teratur antara 60-100 detak/menit. Kecepatan dari denyut jantung ditentukan oleh kecepatan dari signal listrik yang berasal dari pemacu jantung, SA node. Signal listrik dari SA node mengalir melalui kedua serambi, menyebabkan kedua serambi berkontraksi mengalirkan darah ke kedua bilik. Kemudian signal listrik ini mengalir melalui AV node mencapai kedua bilik. Irama denyut jantung dipengaruhi oleh keadaan saraf jantung yang merupakan bagian dari sistem saraf otonom (autonomic nervous system), yaitu sistem saraf yang berhubungan dengan aktivitas tubuh dan bekerja di bawah kesadaran.

Sistem saraf otonom tersebut terbentuk dari dua jenis saraf, yaitu saraf simpatik dan saraf parasimpatik. Saraf-saraf ini berasal dari sumsum tulang belakang dan otak yang dapat mengirimkan impuls ke SA node atau bagian-bagian jantung lainnya.Saraf simpatik berperan meningkatkan laju denyut jantung. Saraf ini biasanya aktif ketika tubuh merespon bahaya atau ketika kita berada dalam keadaan takut atau marah, melakukan aktivitas berat, atau aktivitas-aktivitas lain yang menggunakan kekuatan emosi. Lain halnya dengan saraf parasimpatik, saraf ini berperan menurunkan laju denyut jantung.

Selain dipengaruhi oleh sistem saraf otonom, denyut jantung dipengaruhi oleh zat-zat kimia atau hormon yang terdapat dalam aliran darah. Beberapa hormon dan zat kimia yang mempengaruhi denyut jantung antara lain adalah sebagai berikut:

  • Hormon adrenalin. Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar adrenal yang terdapat di dalam ginjal. Ketika berada dalam keadaan stres, produksi hormon adrenalin akan meningkat sehingga dalam keadaan stres denyut jantung juga meningkat.
  • Hormon tiroid. Hormon yang utamanya berperan mengatur proses metabolisme ini dihasilkan oleh kelenjar endokrin yang terdapat di leher. Hormon ini dapat meningkatkan laju denyut jantung.
  • Zat-zat kimia seperti kalsium, natrium, dan kalium juga dapat meningkatkan denyut jantung.

Ukuran Denyut Jantung Normal

Laju denyut jantung normal untuk orang dewasa yang diam (tidak melakukan aktivitas fisik) adalah sekitar 70 denyut tiap menitnya.Akan tetapi, denyut jantung untuk anak-anak dan bayi dalam keadaan normal lebih cepat dibandingkan orang dewasa. Anak-anak mempunyai denyut jantung normal sekitar 100 denyut tiap menit, sedangkan bayi 120 denyut per menit.

Pada dasarnya, kegiatan olah raga yang rutin dapat membuat jantung lebih kuat sehingga laju denyut jantung olahragawan dalam keadaan diam lebih rendah dibanding orang yang tidak pernah olah raga, yaitu sekitar 40 sampai 60 denyut per menit.

Hal ini terjadi karena jantung yang kuat memungkinkan suplai darah yang cukup ke seluruh tubuh meskipun hanya dengan denyut yang relatif sedikit.

Solusi Terbaik dan Aman Menormalkan Denyut Jantung Dengan Xamthone Plus

Apa itu xamthone plus ? Amazing Juice For Amazing Health!!!!

Xamthone plus merupakan sebuah  merek produk minuman kesehatan yang berasal dari buah manggis kulaitas nomor 1 Untuk Menormalkan Denyut Jantung. Xamthone plus di formulasikan dari nutrisi murni buah manggis , buah eksotik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Khasiatnya tidak  di ragukan lagi.

Mengapa xamthone plus jus manggis memiliki kemampuan menormalkan Denyut Jantung ?

Pertanyaan ini terjawab dengan penelitian terkini yang membuktikan bahwa manggis mengandung antioksidan yang sangat kuat yaitu xanthone, melebihi beberapa kali lipat dari kekuatan vitamin c dan E .

Journal of pharmacology, mempublikasikan bahwa obat herbal penyakit tbc xamthone plus memilik efek anti kanker seperti kanker mulut, kankerdarah (leukeumia), kanker payudara dan kanker hati. Selain itu juga xanthone memiliki banyak manfaat kesehatan terutama kesehatan kardiovaskuler seperti mengatasi sakit jantung, aterosklerosis, hipertensi dan trombosit. Xanthone juga memperlebar pembuluh darah dan memeperlancar peredaran darah. manggis juga kaya akan mineral kalium yang membantu metabolisme energi. Khasiat XANTHONE bukan sekedar antioksidan, tetapi juga antikanker seperti hasil riset Moongkarndi. Peneliti Fakultas Farmasi Universitas Mahidol itu menguji XANTHONE dalam riset praklinis dengan SKBR3 alias kultur sel kanker serviks / rahim manusia. Hasilnya? Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi yang kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak itu juga bersifat apoptosis atau mendukung penghancuran sel kanker.

Tags:
proses terjadinya denyut jantung (133), Saraf jantung (78), menormalkan detak jantung (64), yang bertugas menormalkan kembali denyut jantung (57), Cara menormalkan denyut jantung (57), cara menormalkan denyut nadi (52), Yang bertugas menormalkan kembali denyut jantung adalah (32), cara menurunkan detak jantung (26), penyebab terjadinya denyut jantung (23), bagaimana proses terjadinya denyut jantung (22), proses yang mengatur detak jantung (21), proses denyut jantung (20), cara menormalkan kembali denyut nadi (16), menurunkan detak jantung (14), bagaimanakah proses terjadinya denyut jantung (13), obat untuk menormalkan denyut jantung (11), obat menormalkan detak jantung (11), hormon yang mengatur denyut jqntung (3)

Warning: curl_exec() has been disabled for security reasons in /home/obatalamiplus/public_html/wp-content/plugins/seo-facebook-comments/facebook/base_facebook.php on line 966

Warning: array_merge(): Argument #1 is not an array in /home/obatalamiplus/public_html/wp-content/plugins/seo-facebook-comments/seofacebook.php on line 559

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/obatalamiplus/public_html/wp-content/plugins/seo-facebook-comments/seofacebook.php on line 561

{ Leave a Reply ? }

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Pingback & Trackback

  1. Denyut Jantung | Tempat Wisata Indonesia - Pingback on 2011/11/18/ 17:55