Batu Ginjal

Batu Ginjal


Pengertian Batu Ginjal

Batu ginjal salah satu penyakit ginjal yang cukup banyak terjadi di Indonesia. Tentu semua orang tidak ingin mengalami penyakit batu ginjal. Akan tetapi, dengan minimnya informasi dan kesadaran dari setiap individu maka kasus penyakit batu ginjal tetap saja sering terjadi. Satu hal yang harus kita waspadai adalah, penyakit batu ginjal hampir sama dengan penyakit organ tubuh lain, karena sering tidak menimbulkan gejala dini. Penyakit batu ginjal akan terasa jika batu ginjal tersebut sudah sangat kronis dan penderita penyakit batu ginjal akan mengalami sakit yang luar biasa karena air kencing tertahan di kandung kemih.

Batu ginjal bervariasi ukurannya, dapat bersifat tunggal atau ganda. Batu-batu tinggal dalam pasu ginjal atau dapat masuk ke dalam ureter dan dapat merusak jaringan ginjal. Batu yang besar akan merusak jaringan dengan tekanan atau mengakibatkan obstruksi, sehingga terjadi aliran kembali cairan. Kebanyakan batu ginjal dapat terjadi berulang-ulang.

Penyakit Batu Ginjal sangat mengaggu sekali, penyakit ini menggangu aktifitas kita. Penyakit batu ginjal biasanya dialami oleh laki-laki,tapi tidak hanya pria tapi wanita juga bisa terkena batu ginjal dan biasa nya orang yang mengalami batu ginjal ini orang yang sudah berumur 30tahun keatas.

Gejala Batu Ginjal

 

Walaupun pada awalnya penyakit batu ginjal tidak bergejala, akan tetapi indikasi kecil sudah terlihat.Berikut adalah beberapa gejala penyakit batu ginjal:

  1. Batu ginjal di dalam kandung kemih bisa menyebabkan nyeri di perut bagian bawah
  2. Batu ginjal yang menyumbat ureter, pelvis renalis maupun tubulus renalis bisa menyebabkan nyeri punggung atau kolik renalis (nyeri kolik yang hebat)
  3. Kolik renalis ditandai dengan nyeri hebat yang hilang-timbul, biasanya di daerah antara tulang rusuk dan tulang pinggang, yang menjalar ke perut, daerah kemaluan dan paha sebelah dalam
  4. Gejala lainnya adalah mual dan muntah, perut menggelembung, demam, menggigil dan darah di dalam air kemih
  5. Penderita mungkin menjadi sering berkemih, terutama ketika batu melewati ureter
  6. Bau air kencing yang lebih menyengat walaupun sudah disiram air.
  7. Warna air kencing keruh, berwarna kuning atau kemerahan dan sering keluar darah.

 

Penyebab Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal dapat terjadi disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

 

  1. Diet Kaya Kalsium. Diet kaya kalsium menyebabkan kekurangan kalsium, sehingga jumlah kalsium yang ada bersenyawa dengan oksalat, fosfat atau karbonat. Buah-buahan juga sering dikaitkan dengan batu kalsium-oksalat.
  2. Diet Miskin Fosfat. Kekurangan unsur ini dapat menyebabkan keasaman urine dengan kandungan ammonia tinggi menyebabkan mudahnya proses pembentukan batu ammonium-urat.
  3. Diet Kaya Oksalat. Dengan kaya oksalat, hal tersebut menyebabkan tubuh kekurangan oksalat yang banyak terdapat di bayam, strawberry, kacang, coklat, teh, dan kopi. Jika tubuh kekurangan oksalat, mudah terbentuk batu kalsium-oksalat
  4. Diare yang Berulang-Ulang. Diare yang terjadi secara berulang-ulang dapat menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Hal ini dapat menyebabkan mengental atau meningkatnya kepekatan air urine sehingga menyebabkan batu di saluran urine.

 

Tipe – Tipe Batu Ginjal

 

Jika Anda memperhatikan jenis batu yang terjadi pada batu ginjal, maka kita mengetahui adanya kecenderungan kesamaan batu dalam sebuah keluarga. Kondisi ini terutama terjadi karena keterkaitan kondisi atau rekaman kondisi kesehatan di bagian tubuh lain, misalnya pada kelenjar paratiroid yang terlalu aktif, gangguan pada tubulus ginjal, infeksi saluran kencing kronis, kista di ginjal, dan gangguan metabolisme tubuh.

 

Berdasarkan unsur pembentuk batu ginjal, ada beberapa tipe batu ginjal, yaitu:

  1. Batu Kalsium

Batu kalsium lebih sering terjadi pada kaum pria dari pada kaum wanita. Satu hal yang harus Anda perhatikan, jika seseorang mempunyai batu kalsium, dapat dipastikan bahwa dia juga mempunyai jenis batu yang lainnya. Tetapi, hal tersebut dapat dihindari jika melakukan terapi secara rutin.

Hal-hal yang ditengarai dapat menjadi penyebab terjadinya peningkatan konsentrasi kalsium dalam air seni adalah:

Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin D, sehingga menyebabkan tubuh banyak menyerap

  • kalsiumKelenjar paratiroid yang terlalu aktif.
  • Konsumsi obat yang berlebih, misalnya hormon tiroid.
  • Adanya penyakit kanker di saluran kemih.
  • Pengaruh dari obat pelancar kencing.

Salah satu cara yang dapat diterapkan untuk menghindari kondisi ini adalah dengan mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi. Cara ini diyakini dapat mencegah batu ginjal kalsium

  1. Batu Asam Urat

Batu asam urat terbentuk oleh asam urat, yaitu sebuah produk sampingan dari proses metabolism protein. Hal ini dapat terjadi jika Anda terlalu menerapkan diet kaya daging sehingga terjadi peningkatan asam urat dalam urine. Pada kondisi lainnya, orang-orang yang sedang dalam pengobatan khusus, misalnya kemoterapi dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah dan urinenya.

  1. Batu Struvit

Penyakit batu ginjal jenis ini banyak diderita oleh kaum wanita. Penyakit ini akibat dari adanya infeksi bakteri dalam saluran kencing dan menghasilkan sebuah anzim spesifik yang dapat meningkatkan jumlah ammonia dalam urine. Jumlah ammonia yang tinggi dapat menyebabkan terbentuknya Kristal dalam bentul batu dan ini disebut sebagai batu stuvit. Ukuran batu ini dapat membesar dan menyebabkan kerusakan ginjal.

  1. Batu Sistin

Penyakit batu ginjal ini disebabkan oleh peningkatan asam amino yang terjadi akibat kelainan sistinuria herediter atau keturunan dalam mengekskresikan jumlah asam amino. Kemungkinan terjangkit penyakit batu ginjal ini bisa pada pria maupun wanita.

Agar Anda tidak terjebak dalam penyakit batu ginjal, sebaiknya segalal hal yang memungkinkan dapat menyebabkan penyakit batu ginjal, hindari dalam kehidupan Anda. Lakukan hidup sehat tanpa sakit ginjal.

 

Pengobatan Batu Ginjal

 

Solusi Terbaik dan Aman Pengobatan Batu Ginjal Dengan Xamthone Plus

Apa itu Xamthone Plus? Amazing Juice For Amazing Health!!!!

Xamthone Plus merupakan sebuah  merek produk minuman kesehatan yang berasal dari buah manggis kulaitas nomor 1 Batu Ginjal . Xamthone plus di formulasikan dari nutrisi murni buah manggis , buah eksotik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Khasiatnya tidak  di ragukan lagi.

Mengapa Xamthone Plus jus manggis memiliki kemampuan Mengobati Batu Ginjal?

Pertanyaan ini terjawab dengan penelitian terkini yang membuktikan bahwa manggis mengandung antioksidan yang sangat kuat yaitu xanthone, melebihi beberapa kali lipat dari kekuatan vitamin C dan E.

Selain itu juga xanthone memiliki banyak manfaat kesehatan terutama kesehatan kardiovaskuler seperti mengatasi penyakit jantung,Penyakit Batu Ginjal,Penyakit Kanker, Anyang-anyangan, Penyakit Tumor, Tumor Jinak, Jantung Bocor, Perut Buncit, aterosklerosis, penyakit hipertensi dan trombosit. Xanthone juga memperlebar pembuluh darah dan memeperlancar peredaran darah. manggis juga kaya akan mineral kalium yang membantu metabolisme energi. Khasiat xanthone bukan sekedar antioksidan, tetapi juga antikanker seperti hasil riset Moongkarndi. Peneliti Fakultas Farmasi Universitas Mahidol itu menguji xanthone dalam riset praklinis dengan SKBR3 alias kultur sel kanker serviks manusia. Hasilnya? Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi yang kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak itu juga bersifat apoptosis atau mendukung penghancuran sel kanker.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *