ASHITABA

 ASHITABA

 

ashibata,khasiat daun ashibata,kandungan ashibata
ashitaba

Tumbuhan Ashitaba berasal dari negeri sakura jepang. Di negeri asalnya daun ini disebut sebagai “Daun Ajaib”. Kenapa disebut demikian? Karena daun dari tumbuhan ini memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar. Dalam daun ashitaba mengandung 13 mineral,serat,protein,saponin,dan 11 jenis vitamin dan lain-lain. Sehingga bisa dikatakan daun ashitaba ini adalah makanan super dan obat yang mengagumkan.

Catatan Cina kuno juga telah mencatat manfaat dari ashitaba ini. Ashitaba telah menjadi bagian integral diet orang Jepang dan Cina yang diolah menjadi teh dan juga sebagai pendamping pada saat makan sejak ribuan tahun yang lalu.

ASAL USUL NAMA ASHITABA

Ashitaba jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti “daun besok” atau dalam bahasa inggris “tomorrow leaves”. Asal usul nama “daun besok” konon diakarenakan  tanaman ini tumbuh sangat berlimpah di negeri Jepang, ketika anda memetik/memanenya hari ini, maka besok anda akan melihat regenerasi dan mulai tumbuhnya kehidupan baru/tanaman baru.

Beberapa manfaat dari tumbuhan ashitaba ini yaitu:

  1. Penyembuhan

Ashitaba kaya akan senyawa bisa membantu penyembuhan dengan cepat. Biasanya digunakan untuk menghambat penyebaran bakteri menular,kista,pistula,bisul,dll. Tanaman ini juga bisa digunakan untuk melawan infeksi jamur. Para ahli mengatakan bahwa ashitaba memiliki kandungan bahan untuk mencegah infeksi pada kulit dan juga bisa memberikan tekstur yang lembut pada kulit.

  1. Pemurnian Darah (Blood purifying)

Pemurnian darah adlah salah satu khasiat dari Ashitaba yang sangat potensial, dan sudah diakui oleh para herbalists.

Senyawa dalam ashitaba membantu menghilangkan racun dari dalam darah. Senyawa ini bekerja dengan cara meratakan gula, kolesterol, dan juga membantu menurunkan tekanan darah.

  1. Pereda Nyeri

Manfaat yang paling dikagumi diantara semua manfaat kesehatan yang dimiliki oleh ashitaba ini adalah bisa digunakan untuk meredakan nyeri. Hal itu sudah di akui oleh para ilmuan. Tanaman herbal ini dikenal karena sifatnya yang dapat mengurangi rasa nyeri serta telah dipakai untuk pembuatan obat penghilang rasa sakit.

Cara kerjanya yaitu dengan membatasi kejang otot dan mengurangi rasa sakit yang terjadi pada persendian. Dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-spasmodik yang sangat kuat.

  1. membantu proses pencernaan

dengan kemampuan bisa menghilangkan racun yang terdapat pada tumbuhan ini, maka secara tidak langsung juga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan kita. Ashitaba membantu mempercepat proses pencernaan di dalam usus, selain mempercepat pencernaan, juga membantu memperkuat system pencernaan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *